Pelajari Grammar Bahasa Inggris Dengan Memahami Bukan Menghafal

Twitter

Instagram

Sudah menjadi rahasia umum jika menguasai grammar atau tata bahasa Inggris tidaklah mudah. Namun, dengan ketekunan dan model belajar memahami bukan menghafal akan lebih mudah. Mengapa, karena grammar bahasa Inggris berisi aturan bagaimana menyusun kalimat dalam bahasa Inggris yang baik dan benar. Kalimat yang banyak kesalahan secara tata bahasa akan sulit untuk dipahami.

Di Indonesia kita telah belajar bahasa Inggris dalam waktu yang cukup lama. Minimal 6 tahun jika digabungkan dari SMP dan SMA. Ironisnya, masih banyak yang memahami kalimat sederhana saja belum bisa, apalagi membuat kalimat tersebut. Hal ini tentu menjadi keprihatinan bersama.

Sangat penting sekali bagi pembelajar bahasa Inggris untuk memiliki memahami jika grammar bahasa Inggris sebaiknya dipahami cara kerjanya. Menghafal secara teori tentu sangat baik, tetapi memahami tentu akan lebih baik. Misalnya, memahami betul tentang jenis kata itu sebagai dapat hitung (Countable) atau tidak bisa dihitung (Uncountable) dan bagaimana cara menggunakan. Misalnya, rumah (house) adalah countable. Jadi jika dibuat dalam kalimat bahasa Inggris harus ada tambahan a (a house) dan jika jamak houses. Jadi masih sering menuliskan kalimatnya I have house padahal yang benar adalah I have a house. Namun pada kenyataannya masih banyak yang menuliskannya tanpa a untuk menyatakan sebuah rumah.

Contoh kedua adalah kata saya. Dari sebuah survey yang pernah saya lakukan, saya diterjemahkan I am dalam bahasa Inggris, bukan I. Dampaknya adalah setiap membuat kalimat dengan kata saya dipergunakan kata I am bukan I. Misalnya, saya pergi ke sekolah, sering ditulis I am go to school by bus padahal yang benar adalah I go to school by busJadi harus bisa membedakan kapan menggunakan I am dan I. 

Yang perlu dipahami dalam bahasa Inggris adalah cara kerja grammar bahasa Inggris. Pembelajar harus memahami betul jika grammar bahasa Inggris berbeda dengan tata bahasa Indonesia. Jika kita menggunakan bahasa Inggris, pergunakanlah tata bahasa Inggris buka tata bahasa Indonesia. Selama ini masih banyak sekali yang berbahasa Inggris tetapi dengan konsep tata bahasa Indonesia. Hal ini sangat tidak tepat. 

Semoga tulisan ini menjadi inspirasi para sahabat semua yang ingin menguasai bahasa Inggris dengan baik dan benar. Silakan mengubah cara belajar grammar bahasa Inggris dari sekarang dari konsep menghafal digantikan dengan konsep memahami. 

Artikel Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

80 ÷ = 16

Grahabelajar-Jogja: SMS/WA 089-681-908-903 © 2016