Mengajarkan Bahasa Inggris Kepada Anak Melalui Lagu

Twitter

Instagram

Sebagian besar anak-anak suka menyanyi. Bahkan, anak-anak dengan cepat bisa menghafal lagu, baik yang dipahami maupun tidak dipahami misalnya lagu-lagu bahasa Inggris. Mengapa kesempatan ini tidak dimanfaatkan untuk sekalian belajar bahasa Inggris? Ini adalah sebuah kesempatan baik untuk mengenalkan bahasa Inggris kepada anak-anak.

Pernahkah kita berpikir mengapa anak-anak begitu cepat menghafal lagu-lagu? Jika yang dihafal itu lagu-lagu dalam bahasa Inggris, bisa dibayangkan berapa kosakata bahasa Inggris yang secara tidak langsung dikuasai anak-anak, latihan pengucapan bahasa Inggris yang baik dll. Tidak perlu muluk-muluk dan belajar secara khusus seperti mengikuti kursus atau privat secara intensive saat masih anak-anak, cukup belajar bahasa Inggris melalui rutinitas menyenangkan setiap hari.

Saya memiliki anak-anak, dan mengajari mereka belajar bahasa Inggris melalui lagu. Hasilnya cukup mengesankan terutama dari peningkatan kosakata bahasa Inggris. Hampir setiap hari ada kosakata baru yang ditanyakan kepada saya. Dampak positif lainnya adalah tes kemampuan bahasa Inggris di sekolah selalu terbaik dengan hasil selalu di atas 95%.  Jika kosakata bahasa Inggris sudah cukup banyak, grammar bahasa Inggris akan lebih mudah untuk dipahami. Pola lirik lagu yang dihafal sudah memberikan fondasi atau dasar yang cukup baik kalimat-kalimat bahasa Inggris. Akhirnya grammar dipelajari untuk meningkatkan kualitas bahasa Inggris.

Saya berharap tulisan ini memberikan inspirasi bagi orang tua yang ingin anak-anak mereka menguasai bahasa Inggris dengan model pembelajaran yang menyenangkan dan menyatu dalam kehidupan. Keuntungan lainnya adalah tidak memerlukan biaya yang mahal seperti ketika harus mengukuti kursus atau les bahasa Inggris di tempat-tempat yang terkenal. Materi lagu juga banyak tersedia secara gratis seperti di Youtube dll. Mengapa hal ini tidak dimanfaatkan dengan sebaik mungkin?

Membangun kebiasaan belajar yang alami bisa terwujud melalui lingkungan rumah tangga. Orang tua bisa menjadi sosok mentor yang baik untuk memberikan fondasi atau dasar belajar, apalagi anak-anak yang secara kodrat dekat dengan orang tua. Apapun yang dilakukan orang tua, anak-anak akan menirukannnya. Jika orang tua menyanyikan lagu-lagu berbahasa Inggris, maka anak-anak akan menirukannya bahkan tanpa diminta.

Semoga tulisan pendek ini bermanfaat untuk menyiapkan masa depan anak lebih baik, karena mereka akan hidup di zaman yang berbeda dengan orang tuanya khususnya tuntutan untuk berkomunikasi secara global. Selamat menjadi mentor bagi anak-anak kita.

Artikel Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

44 + = 45

Grahabelajar-Jogja: SMS/WA 089-681-908-903 © 2016